Kamis, 20 November 2008

Losari yang Ku Cinta

Losari adalah sebuah desa disalah satu kecamatan Rembang kabupaten Purbalingga. Mempunyai letak geografis yang penuh dengan bukit dan pegunungan. Akses untuk menuju kesana dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor. Jarak Desa Losari dengan kota Purbalingga 25 Km, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Losari bisa di bilang kota di balik bukit, keramaian desa Losari dikarenakan tingkat ekonomi masyarakatnya yang lumayan tinggi. Ekonomi msayrakat desa Losari hampir 70% adalah pedagang, kemudian 30% lainnya petani, pegawai dan buruh. Tingkat ekonomi yang berubah sejak tahun 90'an, menjadikan desa ini menjadi magnet oleh desa-desa lainnya disekitar kecamatan Rembang.

Kehidupan sosial desa Losari sangat relatif, karena ada sedikit pengaruh dari kota sehingga kebersamaan dan kegotong royongannya sudah mulai terkikis. Teknologi juga sudah mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat desa Losari. Sehingga menjadi sedikit egois, masa bodo dan cuek.

Pendidikan desa Losari juga mungkin yang paling tinggi diantara desa lainnya. Desa Losari mempunyai 6 SD, 2 Madrasah, 1 SMP Muhamadiyah dan 1 SMP Negeri. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi membuat desa Losari mempunyai banyak para intelektual.

Pemerintahan desa Losari di pimpin oleh seorang kepala desa, pemilihan di lakukan secara demokratis oleh msayarakat seluruh desa. Kepala desa dibantu oleh seorang sekretaris desa dan perangkat desa. Desa Losari membawahi 3 dusun yaitu: dusun pasedahan, dusun balong dan dusun pringamba.

Sumber Daya Manusia yang tinggi membuat desa Losari cepat berkembang, yaitu dengan banyak terbentuknya organisasi pemuda, organisasi sosial dan organisasi keagamaan. Pembangunan terus berkembang mengikuti perubahan kehidupan dan pola pikir masyarakat. Pasar sebagai salah satu bagian perputaran ekonomi diperbaiki, terminal di perluas (seharusnya), bahkan sekarang sudah ada PDAM yang malah membantu perairan desa tetangga.

Desa Losari bisa di sebut sebagai ibu kota kecamatan Rembang, pusat pemerintahan kecamatan ada di desa Losari.

Tidak ada komentar: